Skip to main content

Ke Temajuk Kec. Paloh Sambas ke -2 kalinya . Estimasi biaya dan info perjalanan.

25 Januari 2020

Untuk perjalanan ke Temajok kec. Paloh Sambas, seperti biasa kami selalu pakai motor๐Ÿ˜Ž . Ini perjalanan ke-2x nya  . Pas imlek 2020 kami imlekan disana berdua ๐Ÿฅฐ. 
Berangkat jam 08.00 pagi. 

#BEKAL#
obat dan p3k seperlunya dan duit jajan  1juta - 1,5jt rupiah (untuk ber2) tenang aja pasti lebih selama gak banyak jajan. Booking dulu sebelumnya di JLO. Cuma di sini makanan dan penginapan murah + pemandangan pantai terindah ๐Ÿฅฐ. 
๐Ÿจ Jlo mulai dari Rp 280.000 (tahun 2020) untuk ber2 di rumah pohon. Silakan tanyakan kembali ke Mas Joko untuk info penginapan Jlo. 

๐Ÿ›ตKami menggunakan motor Honda PCX 150cc, untuk perjalanan mulai dari Pontianak full pengusian Pertamax Turbo kisaran 60an ribu gitu. 
Sampai Singkawang istirahat makan siang. 

#PENTING# 
Pastikan motor fit jalan jauh dan mampu di medan berat. Alat bengkel sederhana harus bawa jas ujan juga. 
Kami bawa 1tas penuh baju ber2. Bawa seperlunya aja. Jangan kebanyakn dan yang gampang kering biar  bisa cuci dan pakailagi. Dan selalu bawa air putih di motor . Da capek wajib istrahat jangan dipaksakan. 

๐Ÿ›ต lanjut jalan dari Singkawang ( kisaran jam 11.00 ) jalan menuju Sambas ketemu SPBU isi full lagi Pertamax atau Pertalite seadanya deh.. Kisaran 30-40an rb. Lanjut... Pastikan motor kapasitas bensin besar dan hemat karna lepas Aruk biasanya gak ad yang jual bensin eceran. Untung2an deh ketemu yg jual. 

๐Ÿ“Jalan menuju jalur Sungai Bening ke Sajingan, jalan cukup bagus pemandangan juga cakep ๐Ÿ˜. 

Kalo bingung cari di google map dari Sambas ke Sungai Bening atau Sajingan . 


Nahh... Jangan salah yaa.. Banyak yang mengira kalo Temajok itu di Paloh. Sebenarnya kecamatan Paloh.. Temajok utu nama desanya.. 
Cek google map
Kita gak ke Paloh yaa.. Karna kalo lewat Paloh jauh dan pakai kapal Ferry. Kita jalur darat lebih cepat... 



#PENTING#
 Nahh... In jalannya masih baru penuh tanah batu dan sebagian jembatan terbuat dari potongan pohon aja. Lumayan terjal jadi harus pelan dan hati-hati. Kalo cuaca sering hujan, gak saranin jalan jalur ini karna sebagian jalan ad yang bekas longsor. Harus fokus dan tenang selama jalan. Google map gak update di daerah in dan signl telpon gak ada. 

Nanti akan ketemu plank belok kanan arah Aruk menuju PLB Aruk  , kitanya belok kiri menuju Temajok. 
Dari Aruk ke Temajuk kisaran 3jam an  karna kondisi jalan. Semoga cepat rampung ya jalannya, biar jarak tempuh lebih cepat. Kalo jalan da mulus , paling 2jam da sampai Temajuk.  Jadi kami habiskan total 9jam an sudah termasuk istirahat dan makan siang. ๐Ÿ˜„ so, pastikan anda badan fit yaaa.. 
Cek Instagram ku @mey_chen22 untuk video Medan jalannya. 
https://www.instagram.com/p/BwhFlXQHMxk/?utm_medium=copy_link

Setelah itu kita ketemu tugu Benteng (bundaran) jika lapar bisa makan di kedai tersekat. Lalu belok kanan ketemu Tugu NKRI lurus aja sampai ujung., 
Masuk ke pasarnya ada hutan bakau kalo. Lagi musim ubur-ubur bertepatan musim penyu bertelur air akan kelihatan bening dan biru. Air hutan bakau pun jadi bening membiru. Untuk penginapan sama makan disaranin ke J. Lo deh.. Murah meriah.. Tempat lain pada mahal.. 

Untuk penginapan di J. Lo mulai dari 280rb utk ber2 in harga pada tahun 2020 kami kesana booking rumah pohon. Booking dlu sebelom berangkat ya. Bayar disana. 
Makaman ad kantin disana murah meriah.. Ingat pesan seafood pasti super segar dan murah. Kalo sayur dan ayam mahal karna dissana gak banyak yg nanam sayur n pelihara ayam.  Jika mau hemat bisa ke pasar ikannya beli ikan atu hasil laut lainnya bawa k sana minta kk kantin masakin. Ntr kita bayar biaya masak atau numpang masak disana tapi sebellmnya kabarin dulu jangan dadakan yaa.. 

Biaya makan dan inap disa a murah meriah sebenRnya. Yang bikin mahal adalah biaya transportasi karna jarak. Butuh kendaraan yang hemat bensin + mszin fiit... Kami bawa 1juta uda komplit sama makan, bbm, inap +inap 1mlam di Singkawa pas pulangnya  . Ini uda pp buat ber2 ya.. 

Pandai2 lah kita hemat2.. ๐Ÿ˜
Yuk cek cerita seru kami ngebolang di Instagram @mey_chen22
YouTube PsMc Partner

Comments

Popular posts from this blog

Kumpai Besar - Kuburaya Kalimantan Barat

29 Mei 2020 ๐Ÿ“ Desa Kapur - Kumpai Besar Pin di Google map Kelenteng Ma Cou Kumpai Jadi kalo kita lurus aja di Desa Kapur (liat Google map) bakal menuju Kumpai Besar. Jadi kami cari Kelenteng Ma Cou Kumpai sampailah disini. Sembayang bentar . Sejarah kelentemg ini uda 300an tahun kata warga setempat dan disampingnya ada Datok Herman. Jalan lurus kedalam rata2 tambak ikan. Bisa beli ikan disini dan minta di potongin. Segar dan mantap deh. Unung jalan ini ada Gereja tua. .disini langit indah  Instagram @mey.chen22 YouTube PsMc Partner #desakapur#kuburaya#kumpai#kelentengkumpai#kelentengmacoukumpai#kelentengmacoukeng#kuburaya#psmc #psmey #psmcpartner

Pertama Kali Ke Temajuk Kecamatan Paloh 2019

Jadi ceritanya uda lama banget bidik Temajok, Paloh. Selama ini kiranya Temajok itu di Palohnya,ternyata bukan. Temajok nama sebuah pedesaan jauh dari Paloh ( Paloh desa yang uda menjadi kota). Karna kesibukan kerja, selalu pending buat jalan-jalan. X ini nekat, pas libur pemilu + kerjaan da mulai longgar nekat deh jalan pakai motor PCX 150cc dengan bekal info dari google dan cari kontek pengurus hotel J.Lo Temajok. Sempat tanya soal cara menuju kesana.  Day 1 (17April'19) Abis coblos Go ke Temajok Kec. Paloh.. . Isi bensin Pertamax kisaran hampir 70rb full (Honda PCX 150cc). Perjalanan mulai dari Pontianak ke Sambas dari siang  11.30 sampai sore kisaran 15.54 Rada lambat jalannya dikarena perjalanan dari Pemangkat ke Sambasnya hujan , gak lebat hanya saja licin sampai ada yang kepeleset dijalan.. Oya sempat singgah makan dulu di Sungai Duri . Ada rumah makan rumahan non halal yaa.. Tapi enak banget... Yg enak dan murah ada di pas turun