Skip to main content

Pertama Kali Ke Temajuk Kecamatan Paloh 2019



Jadi ceritanya uda lama banget bidik Temajok, Paloh. Selama ini kiranya Temajok itu di Palohnya,ternyata bukan. Temajok nama sebuah pedesaan jauh dari Paloh ( Paloh desa yang uda menjadi kota).
Karna kesibukan kerja, selalu pending buat jalan-jalan. X ini nekat, pas libur pemilu + kerjaan da mulai longgar nekat deh jalan pakai motor PCX 150cc dengan bekal info dari google dan cari kontek pengurus hotel J.Lo Temajok. Sempat tanya soal cara menuju kesana. 



Day 1 (17April'19)
Abis coblos Go ke Temajok Kec. Paloh.. .
Isi bensin Pertamax kisaran hampir 70rb full (Honda PCX 150cc).
Perjalanan mulai dari Pontianak ke Sambas dari siang  11.30 sampai sore kisaran 15.54
Rada lambat jalannya dikarena perjalanan dari Pemangkat ke Sambasnya hujan , gak lebat hanya saja licin sampai ada yang kepeleset dijalan..
Oya sempat singgah makan dulu di Sungai Duri . Ada rumah makan rumahan non halal yaa.. Tapi enak banget... Yg enak dan murah ada di pas turun jembatan  cuma sayang gak buka jadi ke arah pasarnya agak maju sedikit...

Buat yang belom pernah ke Sambas ,tenang aja pakai Google Maps aja... .
1malam dulu di Sambas , Hotel Pantura Jaya,recommend banget nih bersih dan murah sekitar 200-300an ribu gtu. Booking di Traveloka. sekalian bertamu ke rumah brother


Day 2 (18April'19)
Perjalanan mulai dari pagi 09.17
Isi bensin lagi di full kan takut diperjalanan gak ketemu SPBU atau eceran. Isi full kisaran 50an ribu.


Menuju Temajuk dari Sambas harus lurus menuju Sungai Bening arah  Sajingan , nanti dipertengahan jalan ada plank penunjuk arah belok kiri ke Paloh ( penyebrangan ferry) , lurus menuju Sajingan arah  PLB Aruk,   kami nekat pingin coba jalur baru menuju Temajok (lurus aja menuju Sajingan jalur Aruk setelah itu ada bukaan jalan balu disebelah kiri)  yaitu jalur darat ke Temajok (cek google map tapi belom 100%update)

Dan cuma di jalur ini bisa ngeliat pemandangan alam yang super duper inah 😍😍




Jalan kali dari Sambas ke Aruk masih bagus tapi pas ketemu plank belok kanan Aruk belok kitanya belok kiri uda mulai jelek jalan.. 
Masuk area ini sudah mulai hilang  signal ( kami pakai trlkomsel, xl dan Indosat) Tapi GPS tetap aktif yaa dan ikuti terus jalur jalannya.
Sepanjang perjalanan kalo ragu bisa tanya warga setempat . Warga disni rata2 suku Dayak, semuanya pada ramah banget dan ada pos TNI,jadi bisa tanya2 warga atau sama TNInya kalo takut salah jalan.Selama kita sopan dan santun, pasti mereka akan baik . Cuma jarak antar rumah warga dan warga lainnya  dan antar  pos TNI mau beberapa kilometer 1 baru ketemu 1 jadi kalo ragu segera tanya. Tapi sebenatnya klo mau nekat ikutin aja jalur barunya. Lurus aja karna ini jalur menuju Aruk dan nyambungkan jalur ke Temajok.

 Mesti pelan bawa motornya karna lumayan licin dan berbatu jadi makin lama jarak tempuhnya.. Semakin extrim juga karna menanjak berbatuan. Sebagian pinghiran bekas longsor dan ada jmbatan dari pohon besar. Jadi pastilan kondisi motor ok dan yakin motornya mamapu ke jalur berbatuan menanjak serta paling penting hemat BBM. Karna sepanjang jalan ini belum tentu ada yang jual bensin eceran. Saking terjalnya pas ad 1 bagian naikan gak berani pegang hp buat poto. 


Pertengahan jalan ada simpang 3 sebrangnya ada warung dan post TNI,singgah minum sekalian tanya-tanya jalurnya. 
Nah.. Disana akan ketemu plank kampung KB sampingnya ada 1 jalur lagi,masuk jalur itu lurus aja sampai ketemu simpang 3 Tugu Benteng , sempat makan bentar di warung sebrang Tugu Benteng. Kami abiskan waktu hampir 5 jam lebih  Sambas ke Temajuk gara- gara jalan yg belom rampung. Sambil makan ngobrol dan tanya sama TNI yg bertugas dan sama yg punya warung. Katanya lepas pemilu bakal dikejar untuk pengrjaan jalan. Jarak tempuh akan lebih cepat kalo da rampung (kisaran 2-3jam an aja Sambas - Temajuk) . 


Selesai makan kami diarahkan belok Kanan akan ketemu Tugu NKRI (sempat photo dulu) lurus aja menuju Temajuk.
Sampai tugu NKRI uda sekitar pukul 13.57 .
Lepas dari Tugu NKRI gak jauh.
Akan ketemu  1 masuk jalur pantai Camar Bulan.. Karna lagi musim ubur-ubur jadi laut jadi bening keburu-biruan..  indah banget serasa kayak diluar negri
Sayang banget poto dan videonya rusak gak bisa posting deh 
Disitu ketemu ubur-ubur yang terdampar..



GPS menunjukan Location Desa Temajok Kec.Paloh
Keluar dari jalur Pantai Camar Bulan, lurus lagi  sampai deh di Penginapan Camar Bulan dimana yang lagi viral Rumah Terbalik  Sambas ada disini. Sebenarnya bukan di Sambas tapi di Temajuknya lebih tepat di penginapan Camar Bulan Temajuk.
Untuk booking penginapan ini bisa cari di Instagramnya bisa juga langsung ksini dan booking langsung. Hari biasa gak ramai kecuali libur Idul Fitri selalu penuh dan ramai sepanjang jalan jual jajanan.
Sebelum berangkat sebenarnya uda booking hotel di JLo Beach dan pingin 2 malam disana,tapi karna full di tanggal 19, mau gak mau cuma booking 1malam di tanggal 18nya. 

Nahh... Besok tanggal 19nya inap di Camar Bulan. Pas duluan sampai,jadi booking dulu takut kehabisan karna lagi libur pemilu+paska.
Lepas dari Camar Bulan, lurus lagi menuju pantai JLo..


Lurus terus ikutin jalur tepian laut ketemu Tugu warna merah putih (lupa nama tugunya) Belok kiri  lurus aja ada lapangan bola lurus lagi belok kanan (lurus kedepan ada dermaga) lurus terus cari tuggu kapal selepas jembatan.

Nahhh... Di jembatan ini bakal ngeliat air laut masuk  ke hutan bakao,karna lagi musim ubu-ubur airnnya jernih dan membiru  surga banget tempatnya.... Indah dan banyak kawanan ikan lewat. Tapi katanya kalo mancing di air jernih bgini gak bakalan dapat ikannya pada pintar - pintar keliatan tali dan umpannya. Klo da keruh baru biasa dipancing.

Luruss lagi... Menuju jalan tanah. Jalur ini cuma bisa jalur motor,kalo pake mobil harus belok kanan masuk jalur mobil,itupun cuma bs masuk 1mobil saja. Dan pasti gak bs liat pemandangan indah di jalur motor.
Sepanjang jalan aja uda disuguhin pemandangan yang super duper indah warganya juga baik dan super ramah.
Lepas itu lurus terus ikutin jalur laut, ketemu Pantai Batu Nenek. Kalo lagi surut keliatan kayak ada pulau kecil muncul bisa jalan kaki kasana. Dan posisinya pas dekat para nelayan taro kapal.

Lurus lagi ketemu Pantai Teluk Atong. Sepanjang jalan banyak bikin penginapan tapi belom ramai dan kayakya sebagian besar belom gimana berkembang. Lurus  terus ketemu deh J-Lo Beach. Ini  penginapan terujung dan banyak bebatuan super duper indah  semua sakit dan lelah ilang pas  ketemu J-Lo . Kamar kami di rumah pohon paling tinggi, dan di kamar itu bisa liat pantai dari ketinggian 

Pemesanan  penginapan J-Lo bisa DM @temajuk_the_hidden_beach  atau hubungi pak Joko pengurus disana  08125791888

Naik ke rumah pohon butuh perjuangan sedikit harus naik pohon dan lalui batu besar, karna akunya takut tinggi+kaki da capek banget  jadi serasa rada seram.
Sore itu kami jalan2 sepanjang pantai,  nikmati sunset dari atas rumah pohon, ngopi di kantinnya sambil nunggu malam.. Keliling  sekitran penginapan J-Lo.. Sumpah cakep banget tempat ini... Rasanya betah dan nyaman..
Sempat dikasi ilmu pengetahuna tentang kalo mau kesini paling cocok dari bulan April- Agustus karna musim ubur-ubur dan pentu bertelur. Lautan jadi biru bening dan bisa ketemu kura-kura sekalian ngelepas tukik di penangkarannya. 

Malamnya kami pesan ikan bakar sama sayur kangkung. Disini sangat banyak seafood aplagi lopster, cuma banyak di expor jadi gak kebagian terus 

. Disini ad cerita lucu nih...
Malamnya makan di kantin, sambil ngobrol ma pengurus disana cerita2 tntang hasil laut dan keunikan tmpat ini, pokoknya orang disini semua ramah dan suka ngobrol... Sampi dibecandain sama seorang bapak katany "disini gak ada singl, tenang dan  jauh dari korektor" 
Cerita tntang warga setempat rata-rata nelayan , hasil laut disitu sangat kaya ubur-ubur, lopster,kerang dan seafood lainnya yang harganya tinggi ada disini dan banyak ,semua di export . Itulah mata pencarian warga disitu dan ngembangin wisata. Mereka mandiri dan sangat ramah.
Lepas itu mau bayar sekalian bayar penginapan. Nahh... Dari awal sampai di sini uda  kami tanya mau bayar penginapan dimana mala disuru bayar bsok aja.. Abis makan juga gak di tagih,kami mala maksa mau bayar mala dibilng "nanti aja,besok sekalian sama penginapan"
Hati kedebar kedebur juga klo sekali tagih bisa-bisa  bengkak..
Besok paginya kami masih sempat ngopi dan sarapan bentar sebelom berburu kerang, dan pas tanya berapa totalnya dikasi deh nota..
Dan Total makan malam,penginapan,ngopi dll habisny 340an aja  makanan disana murah ,enak dan segaarrrrr...murah meriiahhh..  Pokoknya...


Saat itu juga kami pesan makan malam buat malam itu.biar pun jauh kesana,kami tetap pingin makan di J-Lo (inapnya di Camar Bulan) gak cuma murah, tapi suasana nyaman dan pengurus disana ramah  suka berbagi cerita dan pengalaman tentang berburu lopster, tentang semua keunikan n keindahan di Temajuk. 

Oya sedikit sharing,setiap x traveling kami lebih sering backpackers dengan bawaan secukupnya dan yang pasti obat-obatan selalu lengkap dan seperlunya.
Bawa obat nyamuk spray , obat serangga/balsem .pas banget malam itu doi kenak gigit serangga yg kayak tawon   cepat2 pakain balsem soalnya rada bengkak dan gatal..  karna abis ujan gerimis dan terang lampu di kamar banyak semut naik dan binatang kecil juga, jadi rada kurang tenang tidur.
Tapi senangnya, di J-Lo semua keluhan kita akan masuk dalam daftar catatan tamu yang kedepannya akan dijadikan acuan biar makin bagus loh!!
Diaini pagi panas tapi subuh terasa dingiiiinnn jadi cukup kipas aja gak perlu AC..


Day 3 ( 19April'19)
Subuh sempat hujan, jadi terasa dingin tapi udara sangat segar dan nyaman. Cuci muka trus turun main ditepian cari kerang. Pagi air masih surut jadi bisa liat banyak batu-batu dan batu karang.
Karna kemarin sebelom berangkat uda full jadi cuma booking 1malam dan kemarinya booking di Camar, tak sangka ad yg batal bookingan di J-Lo... Padahal pingin banget 2malam di J-Lo soalnya benar2 cantik banget pemandangan disana, murah dan tenang juga orang2 disana ramah..
.
.
Pagi itu karna J-Lo masih baru,dan gak ada restonya cuma kantin jadi makanan terbatas. Sarapan pagi mie instan+telor dan kopi. Abis itu turun lagi jalan kaki sampai jauh menelusuri tepian pantai. Ketemu air terjun mini  mata air disana super segar dan dingin...enak banget buat mandi..
.
.
Karna lagi air surut,semua batu karang kelihatan,kalo jalan kearah lautan agak licin dan harus hati2 karna batu-batu karang ini membentuk seperti kolam-kolam  yg lumayan dalam. Licin dan mesti hati2 takutnya kenak ikan karang yg beracun. Kalo yg suka snorkeling bisa main kearah lautan semua terumbu karang terjaga dan banyak ikan2 cantik... Disana gak boleh pakai pukat kalo nangkap ikan. Boleh pukat cuma ke arah lautan yg agak jauh karna takut merusak terumbu karang..
Disini sangat cocok buat snorkeling karna banyak terumbu karang yang inadah dan terjaga.
Kata orang disana binatang-binatang kayak monyet,bekantan dan hewan khas kalimantan sebenarnya banyak, tapi gak berani turun karena takut sama manusia. Dulu banyak yg suka berburu.. Itulah yg sangat disayangkan, banyak orang yang sangat bodoh berburu sesuka jidat edan banget gak mikir klo da punah,mau liat dimana hewan langkah itu dan malu sama negara tetangga yg begitu peduli dengan alam mereka dan melestarikan satwa-satwa...
Habis sarapan dan mandi dengan kondisi mata yang masih rada lelah karna perjalanan kemarin , kami beres-beres menuju penginapan berikut di Camar Bulan. Keluar dari J-Lo lurus keluar sampai deh..
.
.
Di Camar Bulan rada panas dan pantainya biasa aja gak bayak batu mala ombak rada besar + rada sepi. Harga penginapannya agak mahal. Yang 250 wc share agak kurang bersih  yangg kami inap harga 400 wc dalam tapi showernya rusak jadi pake gayung.. Ada kelambunya jadi aman dari nyamuk dan serangga..
.
.
Karna jm6 baru ada listrik,jadi agak gelap wcnya
.disini uda ad PLN tapi listrik adanya sekitar jam 6malm ... Benar-benar jauh dari gadget dan kebisingan kota cukup nikmati pemandangan. Wajib cas hp ampe full kalo malam biar bsok bisa foto-foto..
Di Camar Bulan semua pengurusnya sangat ramah, baik dan suka share banyak hal tentang Temajuk.di Camar Bulan dan J-Lo, kami dapat banyak informasi ke perbatasan negara dan  Telok Melano,Sarawak . Berencana mau ksana sebelom makan malam di J-Lo. .
.
Oya  Disana juga bisa main di rumah terbalik. Banyak org Sarawak yg pakai motor kesintu.. Kalo cuma berkunjung harus bayar 25rb. Tapi kalo nginap free . Di Camar Bulan tersedia Lobster (klo beruntung,karna lobster bnyk di expor jd susah dapat) dan juga ada kepiting..
Sekitar jam 12 siang,kelaparan jadi sambil jalan-jalan cari makan ke arah pantai.
Karna hari biasa gak ramai pengunjung ,banyak penginapan yg di buat warga gak jual makanan,mesti pesan dari pagi atau 1hr sbelomnya. Cuma dapat makanan seadanya nasgor +telor .yang pnting kenyang 
.
.
Lepas itu coba ke hutan mangrove nya yg baru dibuat jadi jalannya masih sangat pendek. Dan kesalnya, banyak sampah. Ini gak tahu sampah yg dibuang dari mana hingga ke laut dan masuk ke hutam bakau. Edan banget masih aja ada orang yg suka buang sampah sembarangan.
.
.
Sempatin ke pantai Batu Nenek. Cakep banget pas dekat tempat para nelayan taro kapal. Sempatin ksana ngobrol ma nelayan. .
.
Baru 1 hari disana uda serasa jadi orang sana soalnya disana orangnya super ramah dan suka cerita2.. Tiap jalan lewat ketetemu biar gak kenal pasti disambut dengan  senyuman..


.pas masuk gerbang Pantai Maludin, kalo bulan April - Agustus bakal bisa liat air laut yang biru bening masuk ke sungai sampai ikan pun kelitana sangat jelas. Hutan bakau pun jadi biru bening airnya sumpah cakep deh... Ini dikarenakan musim ubur-ubur, si kawanan ubur-ubur datang dalam jumlah besar dan kayak ngeluarin lendir yang bikin air laut jadi biru. Kalo musim ubur-ubur otomatis kawanan penyu akan banyak karna itu makanan mereka. 


Mumpung masih awal,berbekal info yang da dikasi tadi kami pun menuju ke perbatasan negara.
Nahh... Kalo dari arah Camar Bulan lurus ada belokan ke kanan lurus terus ikutin jalur jalan yang ada. Kalo ragu tinggal tanya warga setempat . Jalannya kayak gak meyakinkan karna masih tanah , kecil  dan sepanjang jalan benar2 pekampungan gtu.. Suka banget suasananya.. Gak begtu ramai juga kira-kira setengah jam gitu perjalanan sampai ke lintas batas ad pos jaga TNI. Dsana ad simpang jalan tapi kita gak boleh jalan ksana karna itu jalur patroli TNI. Sampai ke post wajib lapor yaa..
Tenang para anggota TNI super baik n ramah juga kok. Di ceritakan syarat lewat batas lintas negara dan ad ap aja disana.
Kata petugas TNI, kita boleh kok lewat lintas batas ini, syaratnya isi daftar dan tinggalkan KTP gak perlu passport. Gak boleh lewat hari yaa cuma boleh pp. Orang Malaysia juga ada yang lewat ke Indonesian dengan syarat sama tinggalkan kartu identitas dan gak boleh lewat hari.
Awalnya kira gak boleh pake motor sendiri kesana, ternyata boleh.. Cuma ada catatan kalo kitanya mau kesana wajib pake guide . Nahh.. Warga setempat yg jadi guidenya. Di pas palang batas ad tulisan juga biaya 35rb aja... Kenapa harus guide??
Karna di Sarawak sana banyak preman/samseng yg suka malak dan gangguin jadi biar aman,warga setempat yg uda tahu kondisi disana yg akan bantu bawa jalan.
1hal yg bikin ku bangga sama warga setempat, guidenya kan anak muda,dia pakai baju merah gambar  Garuda bertulisan Indonesia ... Bangaa banget sama negara sendiri sambil jadi guide ke negara sebrang... Ku ajakin selfie biar suatu hr kesana lagi bisa ketemu lagi,
.
Pas masuk jalan lintas batas sekeliling semua kebun karet, pas da keluar serasa jauh banget perbedaanya dengan batas Negara sendiri karna jaluar Malaysian uda aspal dan luas.

.
Sampai Teluk Melano titik km. 0.00 nya Sarawak,Malaysia.

Pantainya biasa aja sih masih lebih indah punya Indonesia terutama di Temajuk. Lautannya juga gak sebening dan gak sebiru di Temajuk.
Tapi untuk jalan raya, jempol banget buat Malaysia.

.
.Keluar dari jalur kami di ajak jalan-jalan disekitaran aja. Karna gak boleh terlalu jauh juga gak boleh sampai ke kota,karna kalo mau ke kota harus cap passport dan itu harus lewat lintas batas negara yg di sambas yaitu di Aruk buat cap.
Bistu diajak keliling ke sekolah sekaligus asrama tua SD di dekat sana dan di jembarannya. Katanya banyak yg suka foto-foto disana.

.
Guidenya agak rada was-was pas bawa kami jalan.soalnya takut ketemu samseng disana jadi kami pun harus ikutin dia pelan-pelan dari belakang.
.
.
Setelah itu kami putar balik...
Pasti punya pertanyaan yg sama dgn ku kan, dimana letak batas antar negaranya??
Kata petugas TNI, disini cuma post penjagaan antr lintas negara  untuk batasnya itu setiap 100mtr ada 1 tiang batas jadi mang gak keliatan . Cuma TNI yg pakai jalur patroli buat jaga2 liatin batas aja.
Cara bedakan mana Indonesia dan Malaysia bisa liat kebun karetnya yg super rapi itu da milik Malaysia dan ada plak batas juga dipertengahan jalan.
Dan ada kabar gembira, kata petugas TNI jalur itu akan menjadi rencana besar pembangunan Border lintas batas negara jalur Wisata.  bakal jadi tempat wisata mendunia nih Temajuk nantinya .
Setelah dari sana pamitan sama TNI kami balik Camar Bulan mandi dan istirahat bentar abis itu menuju J-Lo makan malam. 
Sebelum sampai J-Lo singgah di Pantai Batu Nenek, disana indah dan sunset nya pas disana kalo sore. Abis makan sekalian pamitan deh sama pengurus disana
.. Diajakin ksana lagi dan bakal diajak ke mercusuar ujungnya kalimantan dan harus pakai kapal gak ada jalur darat. Disanalah titik ujungnya dan dimana batas Indonesia - Malaysia sangat dekat.



Day 4 (20April'19)
Bangun pagi tiba-tiba disuguhkan sarapan pagi langsung ke kamar  serasa orang khaayaaahhh.
Pikir gak ada breakfast, ternyata ada...
Bis makan siap-siap mandi beress2 dan check out... Sekalian pamitan sama org sana kami sekalian tnya soal arah balik pakai jalur Paloh. Pas pergi jalur Sajingan Aruk, nahh.. Pulangnya coba ke Paloh lewat penyebrangan ferry sapa tahu jalan lebih bagus dan katanya dekat sana ad penangkaran penyu. Berbekal info dari petugas Camar Bulan kami pun jalan,lepas tugu benteng lurus aja. Berangkat dari jam 9 pagi,Sempat say Hi sama petugas TNI di post pas tugu. 

.
Pertengahan jalan tiba-tiba liat sebelah kanan ad jalur ke pantai. Iseng coba singgah 
woooww.. Ada pantai yg jarang banget kesentuh manusia. Jadi masih bersih dan indah... Kalo yg punya motor tracking bisa tu jalan di tepian pantai.. Pokoknya indah banget
Jalur pulng sepanjang jalan menelusuri jalan tepian pantai jadi dari jalan nampak ad pantai2...
Diluar dugaan justru jalur ke Paloh jauh lebih menyakitkan. Jalur ini tanah kuning semua bakal licin kalo ada hujan. Dan jalur ini belom dilanjutkan pengerjaan karna fokus ke jalur Aruk yaitu jalur dari Sajingan.
Buat yg mau ke Temajuk, saat ini lebih recommend pakai jalur Sajingan biar pun banyaj batu dan mau 5jam an dari Sambas, tapi lebih enak jalannya dan jauh lebih dekat daripada arah Paloh karna jalan penuh gelombang dan tanah jarak tempuh semakin lama dan jauh. Bahkan jalur Palohnya kecil batu dan berlubang .
Sepanjang jalan semuanya masih hutan dan banyak pohon menjulang.
Dsana ad plank bertulisan DILARANG MENEBANG POHON DAN BERBURU.
Dsana dan di Temajuknya sebenarnya gak boleh loh berburuh. Katanya dsana sebenarnya masih bnyk hewan khas kalimantan kayak babi hutan,bekantan dan monyet2 serta burung2 langkah. Karna dulu banyak orng suka berburu sehingga bikin para hewan jadi takut sama manusia pada ngumpet  dan jumlahnya juga sudah semakin sedikit. Klo ada musim buah biasanya beberapa ekor monyet turun itu pun mereka takut-takut.
Malu rasanya sama negara tetangga yg sampai burung aja dengan santai main di kota, di national park aja hewannya banyak. Di Indonesia masih banyak orang edan suka berburu dgn mitos tu hewan ada manfaat obat. Masih percaya???
Itu mitos paling edan  .
.
.
Disini sudah sedikit ada kesadaran karna juga ad larangan dari pemerintah. Kyk laut gak boleh pakai pukat karna takut merusak karang,in atruan dari ibu Mentri Susi . .
.
Dan warga juga mulai sadar buat lestarikan cuma masih juga ada yg belom mengerti..semoga makin banyk yg sadar untuk cinta alam dan satwa.
.
.
Gak sampai 1jam Lurus terus sebelah kanan ad plank penangkaran penyu naungan WWF. 
Dsini kalo ad rombongan dtng kunjungan ,akan diajak pungut sampah biar sadar sampah itu perusak lingkungan. Sebagai bentuk edukasi untuk selmatkan lingkungan dan melestarikan alam serta satwa. 
Pas disana  sisa 1 tukik ketinggalan menetas. Yg lain da pada netas dan semalam uda dilepas. Katanya ini belom puncak.kalo da puncaknya bisa samapi 70ekor skli naik penyunya bertelur. Karna itu tempat titik utama penyu bertelur dari zaman bahola.ternyata penyu kalo da bertelur di tmpat itu selamanya juga pasti naik ksana bertelur.  Klo da betelur, akan diambil telurnya didata dan di taro k tmpat penetasanpenetasan buatan agar aman dari jahatnya tangan2 pencuri telur pentu. 

.semua pentu setiap tahun didata jumalh fan jenis yang datang bertelur. Jenis paling langkah yang bisa dibilang beberapa tahun ini gak liat dia naik adalah jenis Penyu belimbing, penyu terbesar di Asia. Sedih ya dengarnya. Dan telur penyu sering di curi untuk konsumsi, halooo... Yang katanya makan telur pentu sehat.. Anda salah besar, justru telur pentu tak ada manfaat apa pun sama dengan telur pada umumnya dan justru berbahaya dikonsumsi karna si telur gak bakalan bisa matang serta ad jenis bakteri yg gak bs mati dpat menjangkit pada pencernaan manusi. So.. Masih mau makan telur penyu?? Pikir baik-baik jangan jadi orang edan . 
.
Cuma ketemu 1 ekor doang si tukik yang kami temui. Tapi senang bangeet  di perutnya ad biji kecil itu cadangan makanannya yg bisa bertahan 1minggu buat dia  survive ke laut lepas. Disini semua sampah dikumpulin dan di daur sebisanya. Ada penginapan berupa gubuk mungil buat yg mau ikut cari n liat langsung sinpenyu bertelur dan si tukit netas sama pas pelepasannya. Karna smua proses tersebut selalu terjadi dimalam hari. Suatu hari bakal kesini inappas mau pulng di mintain data buat daftar kunjungan dan sempat tukaran kontek biar suatu hr ksana bisa pastilan kapan puncak si penyu bertelur
Lepas dari sana lurus lagi sayang banget sepanjang jalan gak ketemu hewan apa2. Tapi ada kejutan pas jlan. Ketemu 1tempat konservasi penyu... .
Kami pun masuk deh...
.
Ketemu konservasi penyu
Dan ada hal yg sangat berharga yang kami dapatkan disini. Kami masuk dan singgah disebuah warung kecil.
Seorang bapak bercerita,disitu bukanlah tmpat konservasi pusat seperti yg di sebrang sana ad naungan WWF. Disini semua warga gotong royong sama-sama bersihkan pantai ,mungutin telur si penyu dan di tetaskan di tempat penetasan buatan warga sendiri. Semua yg dilakukan berdasarkan hati dan kesadaran. Tanpa bantuan tanpa naungan.
Mereka  juga ada buat penginapan sederhana buat yg mau nginap ,malamnya saksikan si penyu bertelur dan  melepas tukik.
.
.
Kata bapak  yg naungan WWF itu titik pusatnya, kalo disini paling banyak 10ekor skli naik klo da puncaknya., 17 Agustus kan selalu ad acra n ad rombongn ksana pas puncaknya pentu bertelur. Saat itulah warga antusias gotong royong bersihkan pantai n dgn cara mrk mempromosi wisata serta mengajarkan orang2 utk sadar lingkungan ,sadar alam dan sadar akan kelestarian hidup satwa teruta penyu yg uda langkah. Mengajarkan kalo telur penyu gk ad manfaat sama sekali jk dikonsumsi.
.
Si bapak jg bilng, pernah mau coba ajukan bantuan pemerintah buat kembangin aset disana. Cuma menurut mereka , warga gak mau menunggu aja atau minta2. Mrka sendiri jg  harus memulai hal kecil  dgn cara yg mereka. Karna pemerintah gk mungkin tnyain 1per 1 penduduk Indonesia bgtu byk n jgn selalu salahkan pemerintah, justru warga harus sadar dulu memulai dulu.. Jangan mengeluh terus,mau hidup lebih baik ya berusaha, kembangin wisata yg ada, jadi nelayan sekaligus petani lada. Hidup makin baik harus mulai dari kemandirian juga bukan dengan minta2 dan salahkan pemerintah..
.
Ad meriam peninggalan zaman penjajah jg dijga sama warga

.
Salut banget  dan benar-benar bangga sama warga. Orang kota belom tentu sehebat dan semandiri mereka. Pasti akan datang ksana lagi .
.
Perjalanan ke arah Desa Palohnya,sepanjang jalan sungguh nyakitin. Karna jalur ini dihentikan pengerjaan jalan sementara jadi penuh tanah dan debu.. Yg difokuskan pembangunan jalur Aruk (kata TNI setempat yang jaga post) . Jalan jadi kecil dan bebatuan. Selepas itu akan sesekali ketemu jalur aspal. Sampai di penyebrangan Ferry pertama  pas banget jam 12. Nahh..  Karna area dsekitanya masih belom ramai jadi katanta sih ferry jalan setiap 2jam 1x. Tp beruntung kami sampai pas da mau jalan.
Sampai penyebrangan jalan lagi terus menuju desa Palohnya. Bisa dibilng sudah hampir kayak kota ramai banget di Palohnya.
Sakitnya, perjalanan sepnjang jalan kecil dan rusak. Tapi sesekali ketemu aspal rasanya bahagia baget... Capek dijalan ketemu warung singgah istrahat pantat wkwkwk.. 

Dijalur ini masih bisa lihat sepanjang jalan ada pantai. Masih menelusuri tepian pantai. 

Baru bahagia dikit jalan aspal, ketemu lagi jalan batu. 

Sampai ferry ke 2. Teluk Kalong-Tanjung Harapan  . 
Lepas dari penyebrangan kapal ferry ke2 ini ikutin arah panah jalan uda menuju Pemangkat. 
Sempat singgah makan yam mie pas setelah belokan kelenteng diatas bukit, yammie pemangkat memang legenda enaknya. Cuma gerobak n tempat kecil,enaknya menggoda dan murah meriah. Lepas itu menuju Singkawang deh 1 malam. Samapi2 da sore kyknya uda hampir jam 5.. 
Malam puaskan perut makan di Grill Me Singkawang, besoknya sembayang di kelenteng Surga Neraka Gunung Pasi lanjut Balik Pontianak.
Serunya perperjalanan kamk, biar sakit biar capek tapi serunya gak akan terlupakan.. Semoga di kasi kesehatan + rejeki lebih bermimpi bs ksana lagi bahkan bisa punya gubuk kecil di Temajok.. Sumpah ini surga tersembunyi yang bukan cuma indah tapi tenang..  yang cuma dimiliki Indonesia. 


Yuk cek cerita seru kami ngebang di Instagram @mey_chen22
YouTube PsMc Partner

Comments

Popular posts from this blog

Kumpai Besar - Kuburaya Kalimantan Barat

29 Mei 2020 📍 Desa Kapur - Kumpai Besar Pin di Google map Kelenteng Ma Cou Kumpai Jadi kalo kita lurus aja di Desa Kapur (liat Google map) bakal menuju Kumpai Besar. Jadi kami cari Kelenteng Ma Cou Kumpai sampailah disini. Sembayang bentar . Sejarah kelentemg ini uda 300an tahun kata warga setempat dan disampingnya ada Datok Herman. Jalan lurus kedalam rata2 tambak ikan. Bisa beli ikan disini dan minta di potongin. Segar dan mantap deh. Unung jalan ini ada Gereja tua. .disini langit indah  Instagram @mey.chen22 YouTube PsMc Partner #desakapur#kuburaya#kumpai#kelentengkumpai#kelentengmacoukumpai#kelentengmacoukeng#kuburaya#psmc #psmey #psmcpartner

Ke Temajuk Kec. Paloh Sambas ke -2 kalinya . Estimasi biaya dan info perjalanan.

25 Januari 2020 Untuk perjalanan ke Temajok kec. Paloh Sambas, seperti biasa kami selalu pakai motor😎 . Ini perjalanan ke-2x nya  . Pas imlek 2020 kami imlekan disana berdua 🥰.  Berangkat jam 08.00 pagi.  #BEKAL# obat dan p3k seperlunya dan duit jajan  1juta - 1,5jt rupiah (untuk ber2) tenang aja pasti lebih selama gak banyak jajan. Booking dulu sebelumnya di JLO. Cuma di sini makanan dan penginapan murah + pemandangan pantai terindah 🥰.  🏨 Jlo mulai dari Rp 280.000 (tahun 2020) untuk ber2 di rumah pohon. Silakan tanyakan kembali ke Mas Joko untuk info penginapan Jlo.  🛵Kami menggunakan motor Honda PCX 150cc, untuk perjalanan mulai dari Pontianak full pengusian Pertamax Turbo kisaran 60an ribu gitu.  Sampai Singkawang istirahat makan siang.  #PENTING#  Pastikan motor fit jalan jauh dan mampu di medan berat. Alat bengkel sederhana harus bawa jas ujan juga.  Kami bawa 1tas penuh baju ber2. Bawa seperlunya aja. Jangan kebanyakn dan yang gampang kering biar  bi