Skip to main content

Mendung Escape dan Kubah National Park,Bau- Sarawak - Malaysia

Day 1 ( 2 Jun'19)


Kali ini perjalanan serba dadakan karna tiket pesawat yg makin mahal, tiket bus pada full sampai tgl 5 dan paspor yg hampir ED. Pas ke kantor imigrasi dan masih bisa lewat dan dadakan juga dpt 2  kursi bus SJS πŸ˜†πŸ˜†.
.berangkat dengan bus SJS 9mlm ambil yg super biar lebih bagus dan nyaman. Karna da liburan,smua pada full pas sisa 2kursi paling belakang samping WAπŸ˜….
Harga bis 300an lbh/kursi.

Selama perjalanan, usahakan pejam mata klo bisa tidur karna takut mabokπŸ˜…. Jam 11.45 malam da sampai sosok di rumah makan tmpat pemberhntian smntara bus. Bisa bayangin seberapa cepat tu busπŸ˜‘ sumpah seram banget tu driver bus nyetir. Si doi yg jago aja hampir mual karna mabok. Untungnya aku aman sentosa.. Sampai 2'2nya mabok apa jadinya 😱. Tapi juga karna jalan sudah sangat mulus maknya bisa cepat juga πŸ˜„.


Pukul 3 pagi da sampai border di Entikong. πŸ˜‚ 6 jam dr Pontianak-Entikong. Usahakan tidur , pas jam 5 pintu da buka kami masuk cap passport jalan keluar cap passport Malaysia.

Masuk bus lagi 2jam menuju Kuching Center tmpat terminal bus disana. Smpatin duduk ngopi biar hilang rasa mualnya πŸ˜‚πŸ˜‚.


Seperti biasa selalu bawa BEKAL..

Karna x ini ke @mendungescape  dan Kubah National Park di daerah Bau, jadi bawa keperluan  seperti :
*obat-obatan
*1 tas ransel uk jumbo isi baju dll. Baju secukupnya aja yang cepat kering jadi tinggal cuci bisa pakai lagi. 
*bekal kopi,gula,garam,lada n nori abon di kantongin ke kantong kecil.
* tisu basah baby,tisu basah sirih penting buat para wanita ya. Kurangi pakai air dari toilet umum + bawa Handsparay yg alkohol gtu buat smprot dudukan toilet πŸ˜…
* kompor kemping, piring 2, sendok2 dan gelas 2
*kantong kain dan kantong kresek
* tali jemuran n alat gantung baju lipat. Dalurat bisa cuci baju di hutan πŸ˜…
*1kantong alat mandi di tuang ke wadah kecil smua.
*pembalut, takut dadakan dtng hulan. Dan penting banget buat para wnita klo mau traveling wajib bawa Pantiliner ya.. Pagi seharian klo jalan,masuk hutan dll bisa ganti (maksimal pemakaian 4-6jam) hemat kolor n lbh bersih. .

Dan paling penting, selalu ada bawa tas pinggang kcil buat taro brg pnting dan taro obat mabok,permen,minyak angin dan obat muntah. Klo dalurat bs langsung ambil n minum.


Day 2 (3Jun'19)

Sampai Kota, chek in hotel di Three house bed&breakfast. Tas putusπŸ˜‘ jadi ke Indiana Street deh sambil jalan cari tas. Dsana murah meriah segala baju,tas,sandal,dompet dll. Dan katnya barangnya rata2 datang sari Indonesia loh πŸ˜„

Ada cerita yang bikin Emosi tingkat Dewa Dewi..😑😑😑😑


Ini hotel namnya @threehousebnb (Three house bed & breakfast) terletak di jalan Cina. Sangat dekat dengan Waterfront dan gampang mau kemana-mana juga dekat tmpat naik bus. 2tahun lalu, pertama x coba hotel ini. Semuanya bulek yg tinggal ,harga 270an gtu gak salah. Sarapan dikasi roti n kopi. Sederhana tapi bersih. .benar2 hotel orang 


.kali in pingin coba lagi dan gak sangka sudah kurang maintenance, ranjang ada kutu bangsat 😭😭😭 abis di gigit.. Jam 4 subuh terbangun gak mampu dgn gigitan kutu. Kami pun check out dan mengadukan soal kutu ke petugas, tp gak ad respon cuma diam trus nunggu kami kluar . 😑😑😑@#£&%$€¥¢ mau maki2 rasanya.
Mana uda pada liburan byk hotel penuh.. Keliling gak dapat hotel. .
.
Ad 1 kesalahan kami, pikir beli vouchers hotel via traveloka  buat tgl 4(pas di malam itu) posisinya subuh ,sampai lokasi msti jam 2siang bru bs chek in. Mstinya atur tgl 3 jd masih bs chek in. .

Lebih apes lagi dapat taxi yg lagi mabok alkohol 😭😭😭 gak ngerti bahas apa pun ngomong ngelantur.

Akhirnya tertolong sama 1 hotel tua, walaupun serba barang tua didalamnya paling gak lebih bersih sedikitπŸ˜… ,di hitung RM50 karna cuma numpang tdur terlantar diluar 🀣🀣 Ac rada ribut. Tapi da capek daaa... Jadi tetap aj tidur. Sempat parnok apa ad kutu juga ya. Kami sampai periksa2 untung bersih.

Day 3 ( 4 Jun'19)


Dari kota pakai Grab ke Bau, sebelumnya uda booking dari jauh hari di Mendung Escape. Booking bisa lewat app AIRBNB atau DM Instagram nya @mendungescape atau hub pengelolahnya Areev +60109615338
.
.
Untuk harga kisaran 1jtaan gtu buat perkelompok (paket 2-4org dgn 2kamar 2dapur) dlm 1bagian ruangan lantai paling atas 1kamar ranjang besar dan lantai bawah 1kamar 4orang. 

Kalo lebih ramai bisa booking ruangan 10orang paling bawahnya. 
.
.
Sebenarnya kalo booking dari bawal akan dijemput sama Areev ke sana dgn biaya RM50. Cuma pas Areev nya lagi ada kesibukan gak bisa jmput,jadi kami diarahkan pake grab dan di kasi petunjuk photo yg dikasi penanda via WA . Serasa kayak Dora the explore nyari-nyari alamat🀣🀣 .
.
Biaya grab ke sana Rm30
Cuma mau balik ke kota akn sangat susah dapat grab disana. Jadi Areev yang akan antar balik dgn biaya RM50.
.
.
Dsana uda lengkap ada dapur,sedikit beras ,telur,bawang ,minyak goreng,alat masak bumbu sederhana dan kopi. Sebelum kesana mesti belanja dikit sayur buat tambahan makanan. .
.
.
Oya sebelum sampai di Mendung Escape,harus daki dulu gunungnya selama setengah jam dgn tingkat kesulitan 3/5. Wajib pake sarung tangan biar tangan gak lecet. Andalakan tali yg disediakan dan pohon2 saat naik. Sepanjang jalan akam ketemu ulat kaki seribu ukuran jumbo

Ini pemandangan dari kamar kami.
Jadi dsana pas sampai ad bagian dapur + kamar buat yg kelompok 6-10org. Buat yg 2-4org paling atas. Kami dapat kamar paling atas dan dibawah ada kamar lagi sama 2dapur atas bawah. Ada tmpat BBQ juga, cuma sayar bawa sndri. Lengkap deh pokoknya. Serasa milik sendiri 😍 ada pintu yg bs tutup jalur kelompok dan atas biar gak diganggu n merasa aman.
.
.

Sumpah ini surga kecil 😍😍. Sesakit apa pun kaki buat naik katas,tetap terbayarkan setelah samapi. .
Kata si doi akunya teropsesi sama jemuran. Ketemu tempat jemur da langsung cuci baju jemuran. 

Oya tenang disini gak ada nyamuk. Serangga banyak.tidur usahakan gak nyalakan lampu  dalam ruangan dan tutup rapat kelambu. 


Serunya bisa nge πŸ›€ di hutan 😍😍

Biar capek mendaki 30menit dengan kesulitan aduhai...(bagiku yang gak jago dakiπŸ˜‚)  mesti pakai 2kaki dan 2 tangan dan jalannya da serasa berada depan muka. Bayangin tu,.. Tapi sampai keatas.. Sumpah terbayarkan lelahnya. 

Day 4 ( 5 Jun'19)

Turun dari @mendungescape , sampai di rumah nenek Areev kami uda ditungguin dan disuguhi minuman. Sambil ngucapin salam Hari Raya  sedikit cerita2 dsana sambil istrahat kaki. Kami diantar Areev ke Kuching dgn mobilnya,biaya transport Rm50. Sepanjang jalan kami banyak sharing dan cerita2 seputar traveling. Si Areev juga hobi traveling mala lebih hebat πŸ˜„.
.

.
Katanya tahun depan dia bakal bangun lagi bikin kantin diatas sana. Biar pengunjung gak capak beli makanan tenteng k atas. Dia org yang sangat antusias memajukan kampungnya, impian dia kampunyny yg indah bakal jadi tmpat wisata yg terkenal dgn mengajak para org kampung jualan juga dsana dan bikin tmpat wisata.

.
.

Comments

Popular posts from this blog

Kumpai Besar - Kuburaya Kalimantan Barat

29 Mei 2020 πŸ“ Desa Kapur - Kumpai Besar Pin di Google map Kelenteng Ma Cou Kumpai Jadi kalo kita lurus aja di Desa Kapur (liat Google map) bakal menuju Kumpai Besar. Jadi kami cari Kelenteng Ma Cou Kumpai sampailah disini. Sembayang bentar . Sejarah kelentemg ini uda 300an tahun kata warga setempat dan disampingnya ada Datok Herman. Jalan lurus kedalam rata2 tambak ikan. Bisa beli ikan disini dan minta di potongin. Segar dan mantap deh. Unung jalan ini ada Gereja tua. .disini langit indah  Instagram @mey.chen22 YouTube PsMc Partner #desakapur#kuburaya#kumpai#kelentengkumpai#kelentengmacoukumpai#kelentengmacoukeng#kuburaya#psmc #psmey #psmcpartner

Pertama Kali Ke Temajuk Kecamatan Paloh 2019

Jadi ceritanya uda lama banget bidik Temajok, Paloh. Selama ini kiranya Temajok itu di Palohnya,ternyata bukan. Temajok nama sebuah pedesaan jauh dari Paloh ( Paloh desa yang uda menjadi kota). Karna kesibukan kerja, selalu pending buat jalan-jalan. X ini nekat, pas libur pemilu + kerjaan da mulai longgar nekat deh jalan pakai motor PCX 150cc dengan bekal info dari google dan cari kontek pengurus hotel J.Lo Temajok. Sempat tanya soal cara menuju kesana.  Day 1 (17April'19) Abis coblos Go ke Temajok Kec. Paloh.. . Isi bensin Pertamax kisaran hampir 70rb full (Honda PCX 150cc). Perjalanan mulai dari Pontianak ke Sambas dari siang  11.30 sampai sore kisaran 15.54 Rada lambat jalannya dikarena perjalanan dari Pemangkat ke Sambasnya hujan , gak lebat hanya saja licin sampai ada yang kepeleset dijalan.. Oya sempat singgah makan dulu di Sungai Duri . Ada rumah makan rumahan non halal yaa.. Tapi enak banget... Yg enak dan murah ada di pas turun

Ke Temajuk Kec. Paloh Sambas ke -2 kalinya . Estimasi biaya dan info perjalanan.

25 Januari 2020 Untuk perjalanan ke Temajok kec. Paloh Sambas, seperti biasa kami selalu pakai motor😎 . Ini perjalanan ke-2x nya  . Pas imlek 2020 kami imlekan disana berdua πŸ₯°.  Berangkat jam 08.00 pagi.  #BEKAL# obat dan p3k seperlunya dan duit jajan  1juta - 1,5jt rupiah (untuk ber2) tenang aja pasti lebih selama gak banyak jajan. Booking dulu sebelumnya di JLO. Cuma di sini makanan dan penginapan murah + pemandangan pantai terindah πŸ₯°.  🏨 Jlo mulai dari Rp 280.000 (tahun 2020) untuk ber2 di rumah pohon. Silakan tanyakan kembali ke Mas Joko untuk info penginapan Jlo.  πŸ›΅Kami menggunakan motor Honda PCX 150cc, untuk perjalanan mulai dari Pontianak full pengusian Pertamax Turbo kisaran 60an ribu gitu.  Sampai Singkawang istirahat makan siang.  #PENTING#  Pastikan motor fit jalan jauh dan mampu di medan berat. Alat bengkel sederhana harus bawa jas ujan juga.  Kami bawa 1tas penuh baju ber2. Bawa seperlunya aja. Jangan kebanyakn dan yang gampang kering biar  bi